9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Jota Joti Jambore Pramuka Tingkat Dunia

JOTA - JOTI (Jamboree On The Air - Jamboree On the Internet) merupakan salah satu kegiatan tahunan kepramukaan. JOTA atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka sedunia dengan menggunakan sarana radio amatir. Sedangkan JOTI atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka dengan memanfaatkan sarana internet.

A. Apa Itu JOTA JOTI

JOTA atau Jamboree on The Air dan JOTI atau Jamboree on The Internet merupakan event digital kepanduan terbesar didunia yang bisa diikuti oleh semua golongan anggota pramuka sehingga memungkinkan adanya pertemuan dan interaksi meskipun saling berjauhan lokasi. Pada kegiatan JOTA-JOTI, para pramuka dapat beraktivitas untuk saling menyapa, berkomunikasi, dan berdiskusi tentang berbagai topik dengan menggunakan media radio amatir (JOTA) dan berbagai sarana chating internet (JOTI).

JOTA-JOTI juga merupakan kegiatan edukasional yang mengajarkan tentang nilai kepanduan dan kewarganegaraan global dan diharapkan bisa membentuk sikap kerja sama tim, pemahaman lintas budaya, serta mengembangkan keterampilan individu untuk masa depan.

Pada kegiatan JOTA-JOTI disetiap tahunnya, pramuka Indonesia berkesempatan untuk menyapa dan saling berdiskusi dengan pramuka dari berbagai negara sehingga dapat menambah sahabat dari seluruh penjuru dunia.

Penyelenggaraan Jota Joti

JOTA-JOTI merupakan event kepramukaan internasional atau tingkat dunia yang diselenggarakan oleh WOSM. Pada situs resminya berisi informasi terbaru mengenai penyelenggaraan JOTA-JOTI yang dapat kita akses sepanjang tahun melalui alamat www.jotajoti.info.

Website tersebut menyediakan seluruh informasi mengenai JOTA/JOTI, bahkan dari pelaksanaannya pada beberapa tahun sebelumnya hingga yang akan datang. Informasi lain yang lebih spesifik juga diberikan, termasuk tema dan logo kegiatan.

JOTA JOTI Kreatifitas Inovasi Pramuka Internasional

Selain itu, anda juga dapat mengakses https://www.scout.org/id/node/295756 yang didalamnya juga disediakan informasi terkait kegiatan JOTA-JOTI. Meski tak selengkap website resminya, didalam situs tersebut juga telah tersedia form pendaftaran bagi peserta dan stasiun penyelenggara JOTA-JOTI, termasuk sertifikat kegiatan yang bisa anda download setelah kegiatan usai.

Berbagai layanan pendukung kegiatan juga disediakan seperti berita pada Weblog, petunjuk singkat pelaksaan, dokumentasi foto kegiatan JOTA-JOTI diseluruh dunia melalui Gallery, mencari stasiun radio lain, permainan JamPuz, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi, bisa melalui IRC sebagai jaringan resmi pelaksanan JOTI. Adapun informasi lengkapnya dapat diakses dengan membaca pada website yang disediakan Scoutlink di www.scoutlink.net. Jadi, melalui situs web resmi milik Trusted Partner JOTA-JOTI, Anda dapat mengetahui semua informasi yang Anda perlukan.

B. Cara Mengikuti JOTA-JOTI

Ada beberapa metode yang dapat dipilih untuk mengikuti JOTA dan JOTI, diantaranya:

1. Mengikuti JOTA JOTI Melalui Stasiun Di Kwartir

Mengikuti JOTA-JOTI melalui stasiun di Kwartir menjadi metode paling mudah dan praktis. Caranya adalah dengan memanfaatkan dan berkomunkasi melalui masing-masing stasiun yang bertempat di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka atau Dewan Kerja Cabang, Gugus Depan atau instasi yang mau ikut serta dalam meramaikan kegiatan JOTA dan JOTI.

Dengan mengikuti JOTA dan JOTI dari stasiun, setiap peserta selain mendapatkan panduan dan bimbingan selama kegiatan, akan mendapatkan piagam kegiatan baik dari stasiun, daerah, nasional bahkan dari WOSM, serta Tanda Ikut Serta Kegiatan atau Tiska.

2. Mengikuti JOTA-JOTI Secara mandiri

Selain itu anda juga dapat mengikuti kegiatan JOTA - JOTI secara mandiri dengan ketentuan memiliki sarana dan prasarananya. Beberapa alat yang dibutuhkan yaitu Perangkat Radio Amatir (dan lisensi radio amatir dari ORARI) untuk JOTA dan jaringan internet beserta gadget (laptop atau perangkat mobile) untuk JOTI.

Seperti namanya, mengikuti JOTA-JOTI secara mandiri berarti mempersiapkan dan melaksanakan seluruh proses kegiatannya sendiri. Jadi, mulai dari proses pendaftaran atau registrasi, persiapan hingga pelaksanaannya, dapat dilakukan secara mandiri.

Sedangkan untuk panduannya, pramuka bisa memanfaatkan situs resmi JOTA-JOTI yang disediakan oleh WOSM mapupun kwartir setempat dan internet untuk mendapatkan yang diperlukan.

Peserta JOTA-JOTI secara mandiri juga bisa memperoleh serifikat kegiatan dengan format e-certificate yang dapat dicetak sendiri di situs www.jotajoti.info ataupun melalui surel yang telah didaftarkan.

Tertarik dengan informasi ini? Ayo bagikan informasi ini kepada orang-orang tercinta Anda untuk mengikutinya.

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar