9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Tujuan Pameran Seni Rupa

Pameran merupakan salah satu materi pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Rupa yang sekaligus menjadi titik puncak proses kegiatan belajar mengajar. Disebut sebagai titik kulminasi pembelajaran Seni Budaya (Sni Rupa) karena pameran dilakukan setelah proses pembelajaran peserta didik mendapatkan hasil atau out put berupa karya. Meski bukan menjadi satu-satunya indikator kesuksesan pembelajaran Seni Rupa, pameran menjadi bagian vital bagi motivasi peserta didik dan guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Untuk lebih jauh mengenal Pameran, berikut kami sajikan beberapa materi terkait pameran.

A. Pengertian Pameran Seni Rupa

Pameran seni rupa dapat diartikan sebagai kegiatan seniman untuk memperlihatkan karya-karya seni rupa nya kepada masyarakat (publik) yang dilaksanakan secara perorangan atau kelompok serta dikoordinasikan dalam bentuk kepanitiaan.

B. Manfaat Pameran Seni Rupa

Manfaat pameran seni rupa, yaitu sebagai berikut:
  1. Bagi seniman, sebagai media atau sarana untuk mengomunikasikan karya-karyanya kepada masyarakat.
  2. Bagi masyarakat, sebagai sarana untuk apresiasi terhadap karya-karya seniman.

C. Fungsi pameran

Fungsi pameran seni rupa adalah sebagai berikut:
  1. Fungsi apresiasi. Pameran seni rupa memiliki fungsi apresiasi sebagai bentuk kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya. Apresiasi dapat diartikan sebagai tindakan menilai, menghargai, memahami, dan menikmati karya seni rupa untuk selanjutnya menimbulkan rangsang positif untuk berkreasi secara aktif.
  2. Fungsi edukasi. Pameran seni rupa dapat mendidik manusia (seniman, penikmat, maupun penyelenggara pameran|) terhadap kesadaran nilai keindahan dan nilai seni budaya. Selain itu juga dapat melatih kepekaan terhadap rasa, cipta, karsa, dan akhirnya menimbulkan dorongan untuk berkreasi secara aktif.
  3. Fungsi rekreasi. Pameran seni rupa bisa dijadikan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan spiritual manusia dari aspek hiburan.
  4. Fungsi prestasi. Pameran seni rupa bisa dijadikan sebagai ajang untuk memperlihatkan prestasi yang telah dicapai dan sejauh mana proses kreatif seseorang (seniman) dalam bidang seni.

D. Tujuan pameran

Tujuan pameran seni rupa, antara lain sebagai berikut:
  1. Memperkenalkan hasil karya seni rupa kepada masyarakat.
  2. Sebagai salah satu alat untuk mengomunikasikan hubungan dengan masyarakat.
  3. Sebagai sarana untuk mengapresiasikan karya seni rupa.
  4. Memperlihatkan suatu prestasi yang telah dicapai dalam menciptakan karya seni rupa kepada masyarakat.
Related Posts
Sri Kuncoro
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar