9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Halal Bi Halal MGMP Seni Budaya MTs Kabupaten Tegal

Seperti pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Tegal dilaksanakan sesuai dengan agenda yang rutin dilakukan setiap bulan pada hari Rabu minggu kedua. Namun, yang membedakan adalah tema pada pertemuan kali ini (05 September 2012), yaitu Halal Bi Halal. Acara yang dihadiri 20 Guru Seni Budaya dan seorang fasilitator dipenuhi dengan nuansa santai sehingga peserta tidak segan untuk menyampaikan unek-uneknya mengenai pembelajaran dan menjadikannya sebagai media sharing (berbagi) pengalaman.

Suasana Awal Pelaksanaan MGMP
 Pada sambutannya, Ketua MGMP Seni Budaya MTs Kabupaten Tegal, Bapak Titi Solechudin, A.Md., menegaskan kembali mengenai program pokok kepemimpinannya untuk memberikan materi Seni Musik kepada anggotanya. Hal ini merupakan upaya beliau untuk meminimalisir kendala-kendala yang dihadapi guru Seni Budaya MTs Kabupaten Tegal.
Bpk. Abdul Aziz, S.Ag. (Kiri) dan Bpk. Titi Solachudin, A.Md (Kanan) saat memberikan sambutan
Sambutan berikutnya diberikan oleh Bapak Abdul Aziz, S.Ag., selaku fasilitator MGMP Seni Budaya MTs Kabupaten Tegal tahun 2011-2012. Beliau memberikan apresiasi dan evaluasi tentang pelaksanaan MGMP yang masuk kategori lancar karena memenuhi target dalam pembuatan materi modeul sekaligus menjadi Lembar Kerja Siswa (LKS). Beliau juga menekankan arti penting Seni Budaya bagi peserta didik di wilayah MTs sekaligus mengarahkan agar dalam proses pembelajaran memprioritaskan Lagu Rohani, Lagu Nasional, serta mengajarkan alat musik Islami (Rebana, Marawis, Hadroh, dll.).

Pada kesempatan tersebut, beliau selaku penghubung antara MGMP dengan Koordinator Kelompok Kerja Madrasah (K3M) juga menyampaikan informasi tentang program terdekat yang akan dilaksanakan oleh K3M, diantaranya:
  1. Try Out untuk Kelas IX yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 s/d 19 September 2012 yang menggunakan Soal Produk MGMP;
  2. Porseni Tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada bualan Desember dengan cabang lomba:
  • Olah Raga, diantaranya: Voli, Bulu tangkis, Catur, Lari 100 m;
  • seni, diantaranya: Pidato bahasa Inggris dan Bahasa Arab, Solo Song, serta Kaligrafi.
Pada pertemuan yang diadakan di MTs N Slawi ruang kelas IX B tersebut, beberapa guru juga memanfaatkannya untuk belajar membuat kerajinan dengan merangkai mute dari guru yang berpengalaman. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 14.50 hingga pukul 16.05 dan menghasilkan satu karya berupa gantungan kunci berbentuk belah ketupat.
MGMP menjadi momen tepat untuk berbagi keterampilan
Pada season terakhir, disepakati untuk mengadakan pertemuan lagi bulan berikutnya diminggu kedua hari Rabu, tepatnya tanggal 10 Oktober 2012 bertepatan dengan Hari Pahlawan, dengan agenda pelatihan membuat Perangkat Pembelajaran.

Sukses untuk MGMP Seni Budaya MTs Kabupaten Tegal...

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar