9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Sejarah Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah Tegal

Pondok Pesantren Ma`hadut Tholabah merupakan salah satu Pondok Pesantren terbesar yang menjadi pusat pembelajaran dan pendalaman agama Islam di Kabupaten Tegal. Ponpes Ma`hadutt Tholabah terletak di Dukuh Babakan Desa Jatimulya Kecamatan Lebaksiu sekitar 2 Kilometer sebelah selatan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tegal. Sekitar 30% siswa MTsN Model Babakan juga menjadi santri di Ponpes Ma`hadut Tholabah.

Pondok Pesantren Ma`hadut Tholabah Babakan - Jatimulya - Lebaksiu - Tegal
Diusianya yang lebih dari satu abad ini, Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah telah memiliki puluhan ribu alumni yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Saat ini PP Ma'hadut Tholabah juga memiliki ribuan santri baik yang menetap di pondok, asrama sekitar pondok, maupun yang pulang ke rumah (santri kalong).

Kepengurusan Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah kini ditangani oleh generasi cucu dari pendirinya. Guna mengetahui lebih detail mengenai profil pondok pesantren tertua di kawasan Pantura Barat ini, silahkan berkunjung ke postingan Matsansaga:
Profil Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal
Gaung Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah juga telah dirasakan sejak jaman perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan Presiden Suharto pernah berkunjung di Pondok Pesantern ini pada tahun 1972. Berikut ini merupakan file dokumentasi kunjungan Bapak Presiden Suharto di PP Ma;hadut Tholabah:


Hingga saat ini Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah juga sering dikunjungi para pejabat negara (menteri) sebagai bentuk penghormatan ataupun kerjasama dalam hal tata kelola kesadaran berkewarganegaraan.

Adapun untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kegiatan yang dilaksanakan, silahkan mengunjungi link: Aktivitas pondok pesantren Ma'hadut Tholabah.

Sedangkan untuk melihat sejarah Pondok Pesantren tersebut, silahkan kunjungi Blog Goresan Pena Seorang Santri atau klik link di bawah ini:

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

2 komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun