9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Pengertian dan Jenis Notasi Musik

Pada permainan musik maupun vokal, kita sering atau bahkan tidak lepas kaitannya dengan notasi. Penggunaan notasi pada lagu memiliki banyak manfaat untuk membantu para musisi dan penyanyi mengingat nada yang telah dibuat atau akan dimainkan. 

A. Pengertian Notasi

Notasi menurut penulis adalah sistem penulisan lagu ataupun musik menggunakan gambar, angka, maupun simbol-simbol tertentu yang bisa menggambarkan urutan nada, tempo, dan birama.

B. Jenis-Jenis Notasi

Ada beberapa jenis notasi yang biasa digunakan untuk membantu memainkan alat musik. Masing-masing memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda. Berikut ini jenis notasi yang umum digunakan oleh pemain alat musi.

1. Notasi Angka

Notasi Angka merupakan sistem penulisan nada dengan menggunakan angka 1 (Satu) hingga 7 (Tujuh) serta dibantu beberapa simbol untuk memperjelas. Angka tersebut menggambarkan nada:

  • 1 = Do
  • 2 = Re
  • 3 = Mi
  • 4 = Fa
  • 5 = Sol
  • 6 = La
  • 7 = Si

Angka di atas merupakan nada tengah. Jika nadanya tinggi, maka notasi angkanya diberi tanda titik di atasnya. Jika nadanya rendah, maka notasi angkanya diberi titik dibawahnya. Semakin rendah atau tinggi oktafnya, semakin bertambah jumlah titiknya.

2. Notasi Gambar

Notasi Gambar merupakan notasi yang menggunakan gambar sebagai petunjuk nada. Contoh, dalam alat musik Angklung, notasinya menggunakan gambar beberapa hewan sebagai petunjuk not. Biasanya gambar yang gunakan adalah:

  1. Ikan (Do)
  2. Angsa (Re)
  3. Jago (Mi)
  4. Kucing (Fa)
  5. Tikus (Sol)
  6. Capung (La)
  7. Burung (Si)
  8. Elang (Do)

Ikan merupakan simbol nada Do rendah, sedangkan Elang menjadi tanda memainkan nada Do tingggi.

3. Notasi Simbol

Notasi Simbol biasanya menggunakan tanda atau gerakan tubuh. Contohnya Curwen Hand`s yang menggunakan gerakan tangan sebagai tanda nada. Berikut gamabar Curwen Hand`s:

Untuk nada dengan oktaf rendah, biasanya penulis menggunakan tangan satunya menunjuk ke bawah. Demikian juga sebaliknya, untuk menunjukkan nada dengan oktaf tinggi, penulis menggunakan tangan satunya menunjuk ke atas.

4. Notasi Balok

Notasi Balok merupakan notasi yang terlengkap digunakan dalanm penulisan lagu ataupun musik. Di dalamnya terdapat tanda tempo (cepat lambanya lagu atau musik), tanda dinamik (keras lembutnya permainan lagu atau musik), tanda istirahat (berhenti memainkan lagu atau musik), serta nilai ketuknya.
Letak Nada Not Balok pada Keyboard/Piano
 
Nilai Not dan Tanda Istirahat

Jika Anda tertarik untuk memahami lebih dalam mengenai notasi serta membutuhkan bimbingan yang sistematis dan terstruktur, silahkan berkunjung ke Sanggar Musik Komukote. Dapatkan layanan terbaik dan pembelajaran yang asyik tentang notasi, baik teori maupun prakteknya dalam bermain musik.

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

1 komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun