9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Pengertian Apresiasi Dalam Seni

Sanggar Model - Pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan kurikulum satuan tingkat pendidikan, tentu tidak asing dengan istilah apresiasi. Apresiasi merupakan salah satu bentuk feedback dari ekspresi seni yang dilakukan oleh pelaku seni. Oleh karena itu, istilah ekspresi dan apresiasi mempunyai kaitan erat dan menjadi paduan yang komplementer.

Pengertian Apresisasi

Pengertian apresiasi dalam Kamus Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional adalah penilaian berupa penghargaan terhadap sesuatu. Proses penilaian berarti melalui tahapan menangkap dengan panca indra, merasakannya, menganalisis (menguraikan), kemudian mengungkapkannya.

Indra yang dimiliki oleh manusia bisa menangkap seni dengan cara melihat dan mendengar. Contoh, seseorang mendengarkan musik atau melihat gambar. Setelah ditangkap oleh panca indra, seni itu dirasakan manfaatnya oleh tubuh apakah sebagai media pemuas kebutuhan batin (hiburan) atau sebagai alat bantu memenuhi kebutuhan jasmani. Dalam proses merasakan suatu karya seni, di dalamnya terkandung unsur penghayatan.

Setelah dirasakan dan dihayati, karya seni itu diuraikan oleh otak (dianalisis) seberapa besar manfaatnya untuk si Penikmat atau seberapa besar efek (dampak) yang ditimbulkan dari karya seni yang digunakan.

Jika dampak yang dirasakan oleh si Penikmat seni itu bermanfaat dan nyaman, maka kemungkinan besar karya seni itu akan digunakan terus menerus. Si Penikmat seni itupun akan mengungkapkan perasaannya dengan senang dan si Kreator (pembuat karya seni) akan mendapatkan pujian. Namun, jika suatu karya seni dirasakan kurang bermanfaat dan tidak praktis, maka kemungkinan besar karya seni tersebut akan jarang digunakan. Si Penikmat senipun akan merasakan kurang nyaman dan kreator karya seni tersebut akan mendapatkan kritikan.

Jadi, jika kita akan membuat suatu karya, perhitungkan nilai manfaat dari karya yang akan kita buat. Mari berkarya.....

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar